Rabu, 31 Maret 2010

Sejarah Internet

Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defence) pada sekitar tahun 60'an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network.
Beberapa universitas di ameriak serikat diantaranya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara da University of Utah, dimita bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi universitas yang berbeda tersebut.
Perkembangan ARPANET ini cukup pesat jika dilihat dari perkembangan komputer pada saat itu. Sebagai gambarannya pada tahun 1977, ARPANET telah menghubungkan lebih dari 100 mainframe komputer dan pada saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.
Karena perkembangannya sangat pesat, jaringan komputer ini tidak dapat lagi disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep Internet Working. Oleh karena itu istilah internet menjadi semakin populer, dan orang menyebut jaringan besar komputer tersebut dengan istilah internet.

Sumber : LePKom Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Home Interiors